komentar


visitor

   

Sabtu, 23 Februari 2008

Atom

Atom

Atom adalah satuan yang amat kecil dalam setiap bahan yang ada di sekitar kita. Atom terdiri atas tiga jenis partikel subatom:

Setiap unsur adalah unik yang dibedakan oleh jumlah proton yang terdapat dalam atom dari unsur tersebut. Setiap atom memiliki jumlah elektron yang sama dengan jumlah proton; bila ada perbedaan atom tersebut disebut ion. Atom dari unsur yang sama bisa memiliki jumlah netron yang berbeda, selama jumlah proton dan elektron tidak berubah. Atom dengan jumlah netron yang berbeda disebut isotop dari unsur kimia.

Banyak unsur lain yang diciptakan manusia, namun mereka biasanya tidak stabil dan dengan spontan berubah menjadi unsur kimia natural yang stabil melalui proses radioaktifitas.

Meskipun hanya terdapat 91 unsur di alam, tetapi atom-atom tersebut dapat terjadi ikatan satu sama lain menjadi molekul dan jenis senyawa kimia lainnya. Molekul terbentuk dari banyak atom. Molekul air merupakan kombinasi dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Karena atom terdapat di mana-mana, atom menjadi bahan pelajaran penting selama beberapa abad. Penelitian sekarang memusatkan perhatian pada efek kuantum, seperti kondensat Bose-Einstein.

Tidak ada komentar: